International Seminar, 4th Industrial Revolution and Safety Engineering, Dr. Gama Widya Putra: Safety Engineering Paling Sederhana Itu Check List

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Keamanan dan Keselamatan di dunian engineering sangat urgent. Safety engineering dimulai dari Standard Operating Provedures (SOP), sampai yang paling pamungkas adalah asuransi.

"Dari semua itu safety engineering yang paling sederhana adalah bekerja dengan "Check List," jelas Dr. Gama Widya Putra, HSSE Pertamina Persero pada Seminar Internasional dengan Tema "4th Industrial Revolution & Safety Engineering" di Aula Kampus Kranggan, Universitas Mercu Buana Jakarta, 25 Nov. 2017.

Saat ini penyebab kecelakaan yang terjadi pada distribusi pertamina sebagian besar atau hampir 40% karena kecepatan. Untuk mengatasi tersebut harus ada teknologi yang mengendalikan kecepatan tanki distribusi itu pada tingkatan aman, salah satunya adalah temuan dari Dosen Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, Hadi Pranoto, ST.,MT dalam bentuk Speed Limiter Integrated Fatige Analyzer (SLIFA) yang bisa mengukur kecepatan aman bagi pengendara sehubungan dengan kelelahan yang dialami para pengendara.

"Tapi terlepas dari itu semua keselamatan juga bisa dipastikan melalui "Check List" dari kelengkapan keselamatan sebelum mengoperasikan suatu alat atau teknologi yang digunakan dalam pekerjaan engineering," jelas Dr. Gama, saat ditanya peserta seminar.

Hadir pada seminar ini Prof.Dr. Abdul Muthalib Leman dari UTHM Malaysia, Dr. Willy Sulityo dari Institut Otomotif Indonesia.

 

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita