Komunitas "Bakul Akik" Silaturahmi dan Bakti Sosial ke Yayasan Yatim Piatu Sunan Kalijogo Tasikmadu Malang

INDONESIASATU.CO.ID:

MALANG - Anggota komunitas ini sebenarnya tidak hanya pedagang akik , tetapi juga kolektor dan seniman yang mencintai dan gemar akik.

Beberapa kegiatan sosial sering dilakukan dan menjadi agenda rutin dari komunitas ini.Tiap jum'at mereka rutin memberikan sedekah nasi bungkus kepada yang membutuhkan , dan untuk jum'at 9/3/2018 mereka mengadakan silaturahmi dan bakti sosial ke Yayasan panti asuhan Sunan kalijogo di tasikmadu kota malang.Komunitas ini memberikan sodaqoh berupa perlengkapan sekolah seperti buku tulis ,kaos kaki, baju anak-anak juga beras.

Kedatangan komunitas pimpinan seeorang pria yang akrab dipanggil Joko kim ini disambut dengan hangat oleh salah seorang pengasuh pondok.Yayasan yatim piatu yang juga merupakan pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 1990.Sebelum berdiri sebagai pondok , awalnya hanya berupa bangunan musholla kecil atau dalam bahasa jawa langgar.

Sekitar tahun 1990 Syekh Yusuf indragiri seorang habib dari makkah memberikan bantuan untuk mendirikan pondok kepada pendiri pondok yaitu Kyai haji Agoes salim mahfud bin yusuf.

Pada waktu itu jalan menuju arah pondok masih berupa jalan makadam atau bebatuan.Saat itu walikota malang Soesamto dan mantan gubernur Lemhanas Letjen Muntoyib dan beberapa orang ikut juga membantu pendirian pesantren ini.

Sampai saat ini sudah banyak anak yatim piatu yang belajar agama di pesantren Sunan kalijogo , antara lain dari kudus ,semarang juga sekitar jawa timur bahkan ada yang dari Bima ,ende flores , juga timor leste.

Seperti halnya beberapa pondok pesantren lainnya , pesantren Sunan kalijogo ini juga membutuhkan bantuan untuk kelangsungan berjalannya aktivitas pondok yang beralamatkan di jalan KH.Yusuf nomer 57 ,Tasikmadu malang.

Atas peran serta masyarakat juga peran dari pengasuh-pengasuh pondok , beberapa anak yatim piatu sudah bisa mandiri dan bekerja diluar pondok.Bahkan ada juga lulusan pondok Sunan Kalijogo yang sudah dewasa ikut mengabdikan diri di pondok pesantren Sunan Kalijogo.(Hendro B.L)


Download : Komunitas "bakul akik" disambut hangat oleh salah seorang pengurus pondok
*telah didownload: 0 kali

Index Berita