Tradisi Malam Jum'at Legi warga RT 6 Kumis Kucing Kota Malang

INDONESIASATU.CO.ID:

Malang-Banyak cara untuk mengajak masyarakat terutama anak-anak sebagai generasi muda penerus bangsa untuk lebih memanfaatkan waktunya untuk kegiatan yang positif.Itu juga yang dilakukan warga RT. 6 di jalan kumis kucing kodya Malang.Warga di lingkungan ini secara rutin mengadakan pengajian dan sholawatan tiap kamis malam atau biasa disebut malam Jum'at legi.

Kegiatan malam Jum'at legi ini tidak lepas dari ide kreatif Ardianto sebagai ketua RT 6 jalan kumis kucing.Bapak 2 orang anak  lulusan sarjana teknik elektro universitas Brawijaya malang ini sudah menjadi ketua RT selama 2 tahun.Tradisi malam Jum'at legi yang sempat vakum dihidupkan kembali oleh pria yang biasa dipanggil pak RT Adet ini.

Adet menuturkan bahwa salah satu sarana silaturahmi warga dihidupkan kembali lewat tradisi pengajian sholawatan malam Jum'at legi ini.Tujuannya adalah untuk mengajak warga juga anak-anak selain silaturahmi tapi juga paling tidak warga mendapat hiburan sebulan sekali.Dan tentunya hiburan yang mengajak warga terutama anak-anak ke arah yang positif.

Pada tradisi malam Jum'at legi ini selain pengajian dan bersama-sama mendoakan keluarga dan handai taulan yang telah meninggal , juga disuguhkan hiburan berupa sajian sholawatan khas anak-anak.

Selain itu juga mengajak anak-anak untuk berani tampil didepan umum."Siapa saja boleh tampilkan kebolehannya,"ujar Adet.Salah satu hiburan yang menarik pada malam Jum'at legi kali ini adalah hiburan pantomim anak dengan tema religi.

Untuk memberikan suasana hiburan yang akrab dengan warga juga didatangkan Ashran band , band dengan tema rock religi yang membawakan lagu-lagu syiar agama Islam yang sudah populer dan lagu religi karya Ashran band sendiri.

"Semua kegiatan di RT 6 ini juga bisa terlaksana karena dukungan semua warga yang ikut membantu dari awal kegiatan , juga peran aktif dari karang taruna setempat,"jelas Adet.Untuk kedepannya tradisi positif ini akan terus diadakan dan Insya Allah lebih meriah,"imbuhnya. (Hendro B.L)

Index Berita